It's My Steak, ABUBA STEAK since 1992

Wagyu

abuba-posting-wagyufest-whywagyu

WAGYU adalah Jenis Ras Sapi Jepang

Wagyu (和牛 Wagyū?, sapi Jepang) Wagyu itu asal katanya dari Wa=Jepang dan Gyu=Daging Sapi.  Di beberapa daerah di Jepang, daging diberi nama sesuai wilayah produksinya, contohnya daging Kobe, Mishima, Matsusaka, Ōmi, dan Sanda.

Wagyu memiliki kecenderungan genetik berupa pemarmeran (marbling) tinggi dan memproduksi lemak tak jenuh berminyak dalam jumlah besar. Sapi wagyu terkenal karena pola marmer pada dagingnya dan kualitasnya.Kecenderungan genetik sapi ras Wagyu menghasilkan daging dengan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang lebih tinggi daripada daging sapi pada umumnya. Pemarmeran / marbling (MB) terus-menerus juga memperbaiki rasio lemak tak jenuh tunggal dan lemak jenuh.

Sejak berumur 3 bulan, sapi mulai masuk peternakan dengan desain khusus. Jauh dari keramaian, sepi, dan tenang, supaya sapi bebas dari stres. Suhu di dalam kandang terjaga agar tidak dingin atau panas saat terjadi perubahan cuaca. Sedemikian eksklusifnya, bahkan bagi setiap orang yang masuk ke dalam kandang wajib disterilkan supaya sapi tidak kena kuman.

 

Kenapa Wagyu jadi “Primadona” ?

Daging jenis ini umumnya dijual mahal. Karena memiliki keistimewaan.  Sapi Wagyu tidak melulu dalam kandang. Mereka boleh berkeliaran di padang rumput yang hijau, tapi tentu saja dengan gerak terbatas. Pakannya juga terjaga, seperti dedak, gandum, jerami, jagung, dan kedelai. Kalau kurang nafsu makan, peternak memberi mereka bir. Setiap hari bulu hitamnya disikat hingga bersih. Selain itu, tubuhnya dipijat dengan memakai sake supaya lemak tersebar sempurna ke seluruh tubuh dan bebas kutu.

Kenapa rasa wagyu lebih enak, karena wagyu itu daging dari sapi yang dimanjain. Makannya berkualitas, tidak hanya rumput berkualitas A tetapi juga dikasih vitamin dan kalsium. Yang menarik juga, sapinya juga dipijat di waktu-waktu tertentu, dan diberi sake. Tujuannya agar saat dipotong, sapi dalam keadaan rileks sehingga otot atau uratnya tidak tegang dan mengeras. Makanya rasanya jadi lebih enak dan lembut.

 

Wagyu di Indonesia dari Australia

Perkembangan wagyu di Indonesia, kini Wagyu menjadi sebuah lifestyle. Kenapa tidak, karena daging Wagyu yang terbilang mahal sehingga tidak semua orang ‘bisa’ makan Wagyu. Wagyu yang masuk ke Indonesia bukan wagyu yang langsung dari Jepang karena ada persoalan impor daging antara Jepang dan Indonesia. Jadi yang masuk ke Indonesia adalah Wagyu dari Australia, dari peternakan yang mengembangbiakkan sperma sapi Jepang itu di sana.

Australian Wagyu Association adalah asosiasi ras wagyu terbesar di luar Jepang, baik sapi ras murni dan silang wagyu diternakkan di Australia untuk pasar dalam dan luar negeri, termasuk Taiwan, Cina, Hong Kong, Singapura, Indonesia, Britania Raya, Perancis, Jerman, Denmark, dan Amerika Serikat. Wagyu Australia terbagi menjadi beberapa kelas menurut standar Marbling. Marbling adalah komposisi titik -titik putih dalam daging. semakin banyak marbling daging kualitas daging akan semakin baik, dan rasanya akan semakin gurih. Sapi wagyu Australia diberi pakan gandum selama 300-500 hari masa produksi. Wagyu yang diternakkan di kawasan Margaret River, Australia Barat, biasanya diberi pakan gandum campur anggur merah.

Wagyu Steak di ABUBA

Wagyu di Abuba memiliki 3 jenis marbeling mulai dari 4-5, 6-7 dan 8-9 semuanya memiliki aroma khas daging wagyu dan ke-empukan yang berbeda sesuai dengan tingkat marbling. Semakin tinggi marblingnya semakin empuk steaknya.  Pastikan anda sudah mencoba ketiganya dan bedakan rasa nikmatnya, ketiganya memiliki rasa dan kenikmatan tersendiri.

Saran untuk menikmati Wagyu steak: pesan Medium Rare atau medium, saran dari para pakar wagyu di dunia, atau setidaknya Medium Well.  Menikmati daging wagyu dengan keempukan tersendiri merupakan pengalaman yang mengesankan, pilih bagian daging yang disukai Bolar Blade, Sirloin atau Rib Eye.

Abuba Steak Menyajikan Wagyu Steak Sesuai Spek dan Asli

ABUBA Steak memiliki wagyu steak sejak 2010, memang kami tidak mempromosikannya selain harga bahan pokok daging waygu memang agak langka pada saat itu, harga jual juga agak tinggi dari antara daging sapi lainya.  Banyak orang kita yang tahu tentang wagyu hanya seputar daging yang empuk saja, padahal wagyu adalah jenis daging sapi ras Jepang yang diternakan di Jepang, Australia dan Amerika.  ABUBA menyajikan Wagyu Steak dengan daging wagyu dari Australia.  ABUBA steak benar- benar menyajikan Wagyu Steak memang dari daging Wagyu asli tanpa prosess tenderizer atau apapun juga.  Kami menghargai pelanggan kami dengan memberikan yang “Genuine” atau yang sebenarnya semestinya.  Sesuai dengan spesifikasi yang ada, baik marbling 4-5, 6-7 dan 8-9.

 

HAVE Fantastic Marbling Day…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *