Abuba Steak Restoran,Steak Bagaimana Awal Mula Berdirinya Restoran Abuba Steak Itu?

Bagaimana Awal Mula Berdirinya Restoran Abuba Steak Itu?


Bagaimana Awal Mula Berdirinya Restoran Abuba Steak Itu

Bagaimana Awal Mula Berdirinya Restoran Abuba Steak Itu? – Restoran Abuba Steak yang menjual berbagai macam hidangan daging ini termasuk ke dalam usaha milik pribadi dari seseorang yang bernama Abu Bakar. Tempat makan itu telah didirikan sejak tahun 1992 yang berawal dari usaha kaki lima dan hingga saat ini semakin sukses.

Sejarah Restoran Abuba Steak

Perlu diketahui bahwa restoran ini termasuk salah satu pelopor usaha makanan steak ala barat yang notabene hidangan mahal dan biasanya dikonsumsi untuk kalangan kelas atas. Meskipun demikian Abuba Steak telah berani menjual makanan itu dengan harga yang sangat terjangkau dan pastinya ramah dikantong seperti halnya usaha kaki lima. Di mana penamaan restoran Abuba Steak ini berasal dari singkatan nama pemiliknya sendiri yakin Abu Bakar. Tempat makan Ini pertama kali dirintis pada tahun 1992 dalam bentuk usaha kaki lima di Jalan Kemang raya 1, Jakarta Selatan.

Berdasarkan sejarahnya terbentuknya restoran itu berawal dari perjalanan Abu Bakar seorang laki-laki kelahiran Cirebon yang menggeluti dunia bisnis kuliner sejak usianya masih 17 tahun. Dimana pada saat itu Abu Bakar mendapatkan sebuah tawaran untuk menjadi tukang cuci piring di sebuah tempat makan di daerah Kemang, Jakarta Selatan.Kemudian tawaran itu disanggupinya hingga membuat dirinya mendapatkan kepercayaan untuk bekerja pada bagian goreng menggoreng. Berbekal pengalaman itu, tepatnya pada tahun 1970 hingga 1985 Abu Bakar bisa bekerja di beberapa hotel dan restoran besar. Seperti Hotel Sahid, restoran Ponderosa ( Amigos) dan Hotel Kemang. Dari situlah skill dan pengetahuan terhadap berbagai macam menu makanan baik lokal maupun barat terus berkembang.

Tepatnya pada tahun 1987, Abu Bakar bekerja sebagai juru masak di perusahaan besar pengeboran minyak lepas pantai yang lokasinya berada di sekitar pulau Natuna. Di sana dirinya bertemu dengan seorang koki asal Texas, Amerika Serikat. Dengan koki itu Abu Bakar belajar mengolah makanan Barat dari bahan dasar daging seperti burger dan steak. Kurang lebih 4 Abu Bakar bekerja di perusahaan minyak itu. Setelah itu dirinya memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya Jakarta dikarenakan kontraknya telah berakhir. Kemudian dirinya nekat untuk membuka usaha sendiri berupa warung makan yang menjual steak.

 

Bagaimana Awal Mula Berdirinya Restoran Abuba Steak Itu

Meskipun sempat mengalami keraguan ketika melihat eksistensi steak pada saat itu, namun tetap saja Abu Bakar yang bermodalkan skill memasaknya akhirnya memberanikan diri untuk menjual steak di dalam warung tenda (seperti penjual pecel lele). Sedangkan modal awal yang dikeluarkan untuk membuka warung itu hanyalah Rp 3 juta rupiah. Abu Bakar sendiri membuka usahanya itu setiap malam hari antara jam 18.00-24.00. Seiring berjalannya waktu bisnis miliknya semakin populer, sehingga membuatnya sempat memindahkan warung itu ke beberapa tempat. Hal itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggannya misalnya lahan parkir yang luas.

Selain itu Abu Bakar juga terus berekspansi untuk mendirikan gerai-gerai di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, pria itu juga melakukan inovasi tentang bagaimana cara menyajikan makanan yang lebih modern.

Diman menu yang ditawarkannya juga tidak lagi mendidik pembeli untuk kelas menengah ke bawah saja. Namun Abu Bakar mulai berinovasi agar bisa menghasilkan menu daging berkualitas tinggi seperti restoran- restoran terkenal lainnya. Itulah sejarah singkat dari restoran Abubah Steak yang kian hari semakin digemari. Hal itu tentunya dikarenakan harganya yang sangat bersahabat dan rasanya enak.